Kisi-Kisi Pembelajaran STS Genap Konsentrasi Keahlian Otomotif (XI TKR)
Mata Pelajaran: Konsentrasi Keahlian Otomotif
Guru Mapel: Imam Saputra, S.T.
Kelas: XI TKR
Hari/Tanggal: Kamis, 20 Maret 2025
Waktu: 09.30 - 10.20 WIB
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari kisi-kisi ini, siswa diharapkan dapat:
- Memahami sistem bahan bakar dan komponennya.
- Menguasai sistem dalam karburator dan fungsinya.
- Mengenal kopling, jenis-jenisnya, dan fungsinya.
- Menjelaskan urutan sistem pemindah tenaga.
- Memahami berbagai jenis sistem rem dan cara kerjanya.
- Mengidentifikasi fungsi sistem transmisi.
- Mengetahui terminal pada kontak kendaraan.
- Mengenal istilah FO dalam sistem pengapian.
- Memahami komponen utama dalam engine dan peranannya.
- Memahami cara kerja mesin 2 tak dan 4 tak.
- Menjelaskan standar ukuran celah platina dan volume oli.
- Mengenal cairan pendingin dan fungsinya.
- Memahami fungsi manifold pada mesin.
- Mengenali fungsi distributor dalam sistem pengapian.
- Mengetahui langkah kerja piston saat katup hisap tertutup.
- Memahami pengukuran berat jenis aki.
- Mengenal fungsi platina dalam sistem pengapian.
- Memahami fungsi sistem pendingin pada mesin.
- Mengenali sistem pengapian pada mesin dari aki.
- Menyebutkan komponen utama dalam mesin Toyota 5K.
1. Sistem Bahan Bakar
Sistem bahan bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar. Komponen utama sistem ini:
- Tangki bahan bakar: Menyimpan bahan bakar.
- Pompa bahan bakar: Mengalirkan bahan bakar ke karburator/injektor.
- Filter bahan bakar: Menyaring kotoran dalam bahan bakar.
- Karburator/injektor: Mencampurkan bahan bakar dengan udara sebelum masuk ke ruang bakar.
2. Urutan Sistem dalam Karburator
- Sistem pelampung
- Sistem idle (stasioner)
- Sistem utama
- Sistem akselerasi
- Sistem power
- Sistem choke
3. Kopling dan Jenis-Jenisnya
Kopling adalah komponen pemutus dan penyambung tenaga dari mesin ke transmisi. Jenis-jenis kopling:
- Kopling mekanis
- Kopling hidrolik
- Kopling otomatis
- Kopling magnetik
4. Urutan Sistem Pemindah Tenaga
- Mesin
- Kopling
- Transmisi
- Propeller shaft (jika ada)
- Diferensial
- Poros roda
5. Macam-Macam Sistem Rem
- Rem cakram
- Rem tromol
- Rem ABS (Anti-lock Braking System)
6. Fungsi Sistem Transmisi
- Mengatur kecepatan kendaraan.
- Meningkatkan torsi.
- Mengubah arah putaran (mundur).
7. Terminal pada Kontak
- ACC (Aksesoris)
- ON
- START
- OFF
8. Sistem Pengapian dan Istilah FO
- FO (Firing Order) adalah urutan pembakaran dalam mesin.
- Contoh pada mesin seri 5K, FO-nya adalah 1-3-4-2.
9. Komponen Engine dan Fungsinya
- Crankshaft (Poros Engkol)
- Camshaft
- Piston
- Connecting Rod
- Manifold
- Platina (Contact Breaker)
10. Prinsip Kerja Mesin 4 Tak
- Langkah hisap
- Langkah kompresi
- Langkah usaha
- Langkah buang
11. Ukuran Standar dalam Mesin 5K
- Celah platina: 0,45 – 0,55 mm.
- Volume oli mesin: 3,5 liter.
12. Cairan Pendingin dalam Mesin
- Berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tidak overheat.
13. Fungsi Manifold pada Mesin
- Manifold hisap: Menyalurkan udara dan bahan bakar ke ruang bakar.
- Manifold buang: Membuang gas hasil pembakaran ke knalpot.
14. Fungsi Distributor dalam Sistem Pengapian
- Membagi tegangan listrik dari coil ke busi sesuai dengan urutan pengapian.
15. Langkah Kerja Piston Saat Katup Hisap Tertutup
- Langkah buang: Piston bergerak dari TMB ke TMA, katup buang terbuka.
16. Cara Mengukur Berat Jenis Air Aki
- Menggunakan hydrometer, nilai normal sekitar 1,270 pada suhu ruangan.
17. Fungsi Platina dalam Sistem Pengapian
- Sebagai pemutus dan penyambung arus listrik ke coil pengapian.
18. Fungsi Sistem Pendingin pada Mesin
- Mencegah overheat dengan mengalirkan coolant melalui radiator dan water jacket.
19. Sistem Pengapian dari Aki
- Aki → Kunci kontak → Coil → Distributor → Busi
20. Komponen Utama dalam Mesin Toyota 5K
- Piston
- Crankshaft
- Camshaft
- Connecting Rod
- Cylinder Block
- Cylinder Head
- Valves (Katup Hisap dan Buang)
- Distributor
- Coil Pengapian
- Busi
- Radiator
- Karburator
Soal Essay yang Perlu Dipahami
1. Perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak
Mesin 2 tak memiliki siklus kerja lebih cepat, tetapi boros bahan bakar.
Mesin 4 tak lebih irit dan ramah lingkungan karena prosesnya lebih efisien.
2. Sistem pengapian dari aki
Baterai → Kunci kontak → Coil → Distributor → Busi.
3. Cara mengukur berat jenis air aki
Gunakan hydrometer untuk mengecek densitas elektrolit dalam aki.
4. Prinsip kerja mesin
Mesin bekerja berdasarkan empat siklus utama: hisap, kompresi, usaha, dan buang.
5. Komponen pada mesin Toyota 5K
Beberapa komponen penting antara lain: piston, connecting rod, crankshaft, camshaft, manifold, katup hisap dan buang, serta sistem pengapian.
Kesimpulan
Kisi-kisi ini membantu siswa memahami materi yang akan diujikan dalam STS Genap. Pastikan untuk mempelajari konsep-konsep ini dengan baik agar dapat menjawab soal dengan benar.
#SistemBahanBakar, #Karburator, #Kopling, #JenisKopling, #SistemPemindahTenaga, #SistemRem, #RemCakram, #RemTromol, #RemABS, #SistemTransmisi, #TerminalKontak, #SistemPengapian, #FiringOrder, #KomponenEngine, #PrinsipKerjaMesin, #LangkahKerjaMesin, #UkuranStandarMesin, #CairanPendingin, #FungsiManifold, #DistributorPengapian, #Hydrometer, #FungsiPlatina, #PendinginMesin, #SistemPengapianAki, #KomponenToyota5K, #TeknikKendaraanRingan, #Otomotif, #PembelajaranOtomotif, #SMK, #SoalTeknikOtomotif
0 Komentar
TERIMAKASIH,,
BERIKANLAH KOMENTAR YANG MEMBANGUN