Kisi-Kisi Pembelajaran STS Genap Konsentrasi Keahlian Otomotif (XI TKR)

Kisi-Kisi Pembelajaran STS Genap Konsentrasi Keahlian Otomotif (XI TKR)

Kisi-Kisi Pembelajaran STS Genap Konsentrasi Keahlian Otomotif (XI TKR)

Mata Pelajaran: Konsentrasi Keahlian Otomotif
Guru Mapel: Imam Saputra, S.T.
Kelas: XI TKR
Hari/Tanggal: Kamis, 20 Maret 2025
Waktu: 09.30 - 10.20 WIB


Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari kisi-kisi ini, siswa diharapkan dapat:

  1. Memahami sistem bahan bakar dan komponennya.
  2. Menguasai sistem dalam karburator dan fungsinya.
  3. Mengenal kopling, jenis-jenisnya, dan fungsinya.
  4. Menjelaskan urutan sistem pemindah tenaga.
  5. Memahami berbagai jenis sistem rem dan cara kerjanya.
  6. Mengidentifikasi fungsi sistem transmisi.
  7. Mengetahui terminal pada kontak kendaraan.
  8. Mengenal istilah FO dalam sistem pengapian.
  9. Memahami komponen utama dalam engine dan peranannya.
  10. Memahami cara kerja mesin 2 tak dan 4 tak.
  11. Menjelaskan standar ukuran celah platina dan volume oli.
  12. Mengenal cairan pendingin dan fungsinya.
  13. Memahami fungsi manifold pada mesin.
  14. Mengenali fungsi distributor dalam sistem pengapian.
  15. Mengetahui langkah kerja piston saat katup hisap tertutup.
  16. Memahami pengukuran berat jenis aki.
  17. Mengenal fungsi platina dalam sistem pengapian.
  18. Memahami fungsi sistem pendingin pada mesin.
  19. Mengenali sistem pengapian pada mesin dari aki.
  20. Menyebutkan komponen utama dalam mesin Toyota 5K.

1. Sistem Bahan Bakar

Sistem bahan bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar. Komponen utama sistem ini:

  • Tangki bahan bakar: Menyimpan bahan bakar.
  • Pompa bahan bakar: Mengalirkan bahan bakar ke karburator/injektor.
  • Filter bahan bakar: Menyaring kotoran dalam bahan bakar.
  • Karburator/injektor: Mencampurkan bahan bakar dengan udara sebelum masuk ke ruang bakar.

2. Urutan Sistem dalam Karburator

  1. Sistem pelampung
  2. Sistem idle (stasioner)
  3. Sistem utama
  4. Sistem akselerasi
  5. Sistem power
  6. Sistem choke

3. Kopling dan Jenis-Jenisnya

Kopling adalah komponen pemutus dan penyambung tenaga dari mesin ke transmisi. Jenis-jenis kopling:

  • Kopling mekanis
  • Kopling hidrolik
  • Kopling otomatis
  • Kopling magnetik

4. Urutan Sistem Pemindah Tenaga

  1. Mesin
  2. Kopling
  3. Transmisi
  4. Propeller shaft (jika ada)
  5. Diferensial
  6. Poros roda

5. Macam-Macam Sistem Rem

  1. Rem cakram
  2. Rem tromol
  3. Rem ABS (Anti-lock Braking System)

6. Fungsi Sistem Transmisi

  1. Mengatur kecepatan kendaraan.
  2. Meningkatkan torsi.
  3. Mengubah arah putaran (mundur).

7. Terminal pada Kontak

  1. ACC (Aksesoris)
  2. ON
  3. START
  4. OFF

8. Sistem Pengapian dan Istilah FO

  • FO (Firing Order) adalah urutan pembakaran dalam mesin.
  • Contoh pada mesin seri 5K, FO-nya adalah 1-3-4-2.

9. Komponen Engine dan Fungsinya

  • Crankshaft (Poros Engkol)
  • Camshaft
  • Piston
  • Connecting Rod
  • Manifold
  • Platina (Contact Breaker)

10. Prinsip Kerja Mesin 4 Tak

  1. Langkah hisap
  2. Langkah kompresi
  3. Langkah usaha
  4. Langkah buang

11. Ukuran Standar dalam Mesin 5K

  • Celah platina: 0,45 – 0,55 mm.
  • Volume oli mesin: 3,5 liter.

12. Cairan Pendingin dalam Mesin

  • Berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tidak overheat.

13. Fungsi Manifold pada Mesin

  • Manifold hisap: Menyalurkan udara dan bahan bakar ke ruang bakar.
  • Manifold buang: Membuang gas hasil pembakaran ke knalpot.

14. Fungsi Distributor dalam Sistem Pengapian

  • Membagi tegangan listrik dari coil ke busi sesuai dengan urutan pengapian.

15. Langkah Kerja Piston Saat Katup Hisap Tertutup

  • Langkah buang: Piston bergerak dari TMB ke TMA, katup buang terbuka.

16. Cara Mengukur Berat Jenis Air Aki

  • Menggunakan hydrometer, nilai normal sekitar 1,270 pada suhu ruangan.

17. Fungsi Platina dalam Sistem Pengapian

  • Sebagai pemutus dan penyambung arus listrik ke coil pengapian.

18. Fungsi Sistem Pendingin pada Mesin

  • Mencegah overheat dengan mengalirkan coolant melalui radiator dan water jacket.

19. Sistem Pengapian dari Aki

  • Aki → Kunci kontak → Coil → Distributor → Busi

20. Komponen Utama dalam Mesin Toyota 5K

  1. Piston
  2. Crankshaft
  3. Camshaft
  4. Connecting Rod
  5. Cylinder Block
  6. Cylinder Head
  7. Valves (Katup Hisap dan Buang)
  8. Distributor
  9. Coil Pengapian
  10. Busi
  11. Radiator
  12. Karburator


Soal Essay yang Perlu Dipahami


1. Perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak


Mesin 2 tak memiliki siklus kerja lebih cepat, tetapi boros bahan bakar.

Mesin 4 tak lebih irit dan ramah lingkungan karena prosesnya lebih efisien.


2. Sistem pengapian dari aki


Baterai → Kunci kontak → Coil → Distributor → Busi.


3. Cara mengukur berat jenis air aki


Gunakan hydrometer untuk mengecek densitas elektrolit dalam aki.


4. Prinsip kerja mesin


Mesin bekerja berdasarkan empat siklus utama: hisap, kompresi, usaha, dan buang.


5. Komponen pada mesin Toyota 5K


Beberapa komponen penting antara lain: piston, connecting rod, crankshaft, camshaft, manifold, katup hisap dan buang, serta sistem pengapian.


Kesimpulan


Kisi-kisi ini membantu siswa memahami materi yang akan diujikan dalam STS Genap. Pastikan untuk mempelajari konsep-konsep ini dengan baik agar dapat menjawab soal dengan benar.


#SistemBahanBakar, #Karburator, #Kopling, #JenisKopling, #SistemPemindahTenaga, #SistemRem, #RemCakram, #RemTromol, #RemABS, #SistemTransmisi, #TerminalKontak, #SistemPengapian, #FiringOrder, #KomponenEngine, #PrinsipKerjaMesin, #LangkahKerjaMesin, #UkuranStandarMesin, #CairanPendingin, #FungsiManifold, #DistributorPengapian, #Hydrometer, #FungsiPlatina, #PendinginMesin, #SistemPengapianAki, #KomponenToyota5K, #TeknikKendaraanRingan, #Otomotif, #PembelajaranOtomotif, #SMK, #SoalTeknikOtomotif


Posting Komentar

0 Komentar